Kamis, 02 Agustus 2012

Agus Ramelan, Siapa Sih?


Agus Ramelan
Penulis memiliki nama lengkap Agus Ramelan. Ia lebih akrab dipanggil “Agus” atau “Ramel” di kalangan teman-temannya. Jejaka berbadan mungil dari pasangan Bapak Sutimin dan Ibu Surati ini dilahirkan di Wonogiri, 15 Maret 1992. Penulis dibesarkan di Dusun Ngandong, RT 01 RW 03, Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri. Tempat tersebut merupakan sebuah desa kecil yang dikeliilingi oleh perbukitan serta gersang saat musim kemarau. Sehingga, mayoritas warga masyarakatnya merantau ke kota.Sekarang ini Penulis berdomisili di sebuah kawasan industri, tepatnya di Kampung Sirnagalih, RT 08 RW 05, Cigugur Tengah, Cimindi, Kota Cimahi. Kawasan tersebut merupakan pemukiman padat penduduk yang mayoritas warganya bekerja di pabrik. Selain itu, daerah Cimindi adalah daerah dengan tingkat polusi udara yang tinggi karena dikeliingi pabrik-pabrik. Walaupun demikian, kawasan tersebut telah memberi makna yang sangat dalam bagi penulis karena menjadi saksi bisu sekaligus penunjang dalam perkembangan penulis hingga saat ini.


Penulis mengawali pendidikan formal di TK Dharma Wanita (1997-1998). Masa kecil yang sangat berkesan itu banyak diisi dengan bermain permaninan tradisional jawa, seperti: Jamuran dan Delikan. Semenjak TK, penulis ditinggal kedua orangtua merantau. Ibu bekerja di Mesir sebagai koki Konsulat RI untuk Mesir dan bapak kerja di Jakarta sebagai pemborong. Hal inilah yang membuat penulis sudah berlatih mandiri sejak usia dini. Selanjutnya, penulis melanjutkan pendidikannya di SDN 1 Kepyar (1998-2004). Selama di SD penulis sering mengikuti lomba-lomba tingkat kecamatan. Lomba yang paling berkesan untuk penulis adalah lomba Jambore Anak Islam (Jamais). Ketika itu penulis berhasil mendapat juara 1 bidang penjelajahan alam. Selain itu, sejak kelas IV SD penulis sering mendapat peringkat pertama. Alhasil, penulis menjadi siswa teladan di SD N 1 Kepyar dan kebanggaan masyarakat.
Setelah lulus dari SD, penulis melanjutkan sekolah di SMPN 1 Purwantoro (2004-2007). Sekoah tersebut merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama favorit di Kabupaten Wonogiri dan berstatus Sekolah Standar Nasional (SSN). Pada saat SMP, penulis berperan aktif dalam hal ekstrakulikuler. Misalnya, ekstrakulikuler Drum Band. Penulis pernah menjadi personil regu Drum Band dalam pengiringan karnaval dan upacara HUT RI di Kecamatan Purwantoro. Prestasi penulis selama SMP relatif stabil dan menonjol. Salah satunya di bidang matematika. Penulis berhasil meraih nilai sempurna (100) mata pelajaran matematika di Ujian Nasional (UN). Prestasi ini sangat memberikan makna tersendiri kepada Ibu penulis yang saat itu masih melanjutkan bekerja di Italia.
Setelah menjalani masa-masa sekolah di daerah kelahirannya, penulis mecoba hal baru dengan bersekolah di wilayah Kota Wonogiri, yaitu di SMAN 1 Wonogiri (2007-2010). Sekolah tersebut juga sekolah terfavorit di Wonogiri. SMA N 1 Wonogiri merupakan sekolah pilihan pemerintah Jawa Tengah yang ditunjuk sebagai Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI). Saat itu sekolah penulis adalah sekolah RSBI pertama di wonogiri. Karena keterbatasan kuota, kelas RSBI hanya dibuka 2 kelas, sisanya reguler. Setelah proses seleksi penulis diterima di kelas RSBI. Pada saat MOS (Masa Orientasi Siswa), penulis sempat merasa tegang, merasa dipelonco dan dibentak – bentak oleh kakak kelas. Namun, penulis terus mencoba beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang menjadi impian para pelajar di wonogiri itu. Akhirnya, penulis bisa menikmati juga kondisi sekolah yang pada saat itu dijuluki SMANSARI. Selama SMA, penulis betempat tinggal di kontrakan 4 kamar di pinggir hilir sungai Bengawan Solo. Oleh sebab itu, penulis sangat terbiasa dengan kemandirian Saat kelas 2 SMA penulis mulai aktif di kegiatan organisasi sekolah maupun luar. Misalnya di Kerohanian Islam (ROHIS) menjabat sebagai kepala divisi litbang dan Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) menjabat sebagai wakil ketua. Selama kelas 2 dan 3 SMA, penulis mendapat beasiswa berprestasi dari program RSBI pemerintah provinsi Jawa Tengah. Penulis juga aktif mengikuti lomba – lomba di tingkat kabupaten dan melakukan beberapa penelitian kelompok. Ini terbukti dengan keberhasilan penulis meraih juara 1 di Lomba Penulisan Karya Ilmiah Remaja (LPKIR) SMA tingkat Kabupaten Wonogiri, sehingga berhak melaju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah. Pada perlombaan tersebut penulis dan kelompoknya (Raminadh group) membuat “Tempe dan Kecap dari Biji Randu”. Untuk tahun selanjutnya, penulis juga mewakili Kabupaten Wonogiri di Kreasi dan Inovasi (KRENOVA) di Provinsi Jawa Tengah dengan Produk “Mi Sehat dari daun Sembukan”.
Setelah rehat selama satu tahun, akhirnya penulis diterima di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Pendidikan Teknik dan Kejuruan (FPTK), UPI pada tahun akademik 2011-2012 melalui jalur SNMPTN Tertulis. Selama masa rehat, penulis bekerja di perusahaan nirlaba sambil bekerja sebagai penjaga kos. Di awal perkuliahan, penulis berduka cita yang mendalam atas kepergian Ayahanda tercinta, “Almarhum Bapak Sutimin”. Tidak terus – menerus larut dalam kesedihan, penulis mencoba beraktivitas dan belajar lebih semangat sesuai  air mata bapak yang penuh petuah ketika penulis diumumkan keterima di UPI, penulis bertekad kuat untuk menjadi yang terbaik untuk keluarga. Selama semester pertama, prestasi penulis relatif memuaskan. Indek prestasi sebesar 3,7 berhasil penulis raih. IP tersebut penulis persembahkan kepada Ayahanda tercinta, dan realistisnya untuk Ibu tercinta yang berjuang sendirian di desa.
Di bidang keorganisasian di kampus, penulis bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) dan Lembaga Penelitian dan Penalaran Intektual Mahasiswa (LEPPIM). Di kedua unit ini, penulis mendapat tunjangan motivasi dan pengetahun yang mendukung perkembangan jiwa dan raga penulis sehingga menjadi seperti pada saat ini.
Dunia kampus bagi penulis sendiri merupakan dunia yang manteb buat menimba kenangan prestatif yang dahsyat. Untuk itulah, sejak tingkat awal jadi mahasiswa, penulis selalu mencoba meneruskan minat dan bakatnya di bidang penelitian dan penulisan karya tulis ilmiah bersama UKM LEPPIM UPI. Bersama rekan-rekan dahsyat di UKM ini, penulis belajar dan terus berinovasi dalam upaya melatih kemampuan ilmiah. Alhasil, di tahun 2012 penulis bersama tim R2N berhasil menjadi finalis LKTIN di Universitas Negeri Padang. Berlanjut di maret 2013, dengan tim yang sama penulis terbang ke Malaysia dalam rangka presentasi di International Conference. Dua pengalaman dahsyat ini menjadi modal sekaligus motivasi kuat bagi penulis untuk terus berkembang dan tentunya memberikan kebermanfaatan bagi bangsa dan negara Republik Indonesia.  

Berikut adalah Curiculum Vitae Penulis: CV Agus Ramelan 2016 

               
                            



3 Komentar:

Noer Jannah | 17 Desember 2012 13.57  

Saya kenal nama antum , tahu nya pada saat pemilihan pengurus FAROHIS ,,, yang di selenggarakan di SMEGY .
benar kah itu ?

Ckang Giyanto | 23 Februari 2013 20.54  

hebat luarbiasa kang agus ramelan
@FokusDong

agus ramelan | 23 Februari 2013 21.15  

hahaha, gmana Dek sehat?

Posting Komentar